Peringati Bulan Menanam Nasional, Akbar: Ayo Tanam dan Pelihara Pohon 

    Peringati Bulan Menanam Nasional, Akbar: Ayo Tanam dan Pelihara Pohon 

    Makassar - Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. 

    Kemampuan pohon menyerap CO2 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim. 

    Penyebab utama dari perubahan iklim meningkatnya konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia. 

    CO2 merupakan salah satu gas rumah kaca utama pemicu perubahan iklim. Melalui proses fotosintesis, pohon menyerap CO2, menyimpan karbon dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. 

    Terkait hal tetsebut dalam rangka Bulan Menanam Nasional. Harapan Pelestari Hutan Andalan (HPHA), sebuah organisasi kemasyarakatan yang memang getol aktif dalam pelestarian lingkungan hidup dan konservasi ini melaksanakan penanaman pohon produktif, berupa bibit Mangga sebanyak 100 pohon, Nangka 30, Sukun 50 pohon di salah satu pondok pesantren ternama di kota Makassar.  Sabtu, 4 Desember 2021. 

    Di lokasi terpisah HPHA selanjutnya melakukan aksi penanaman pohon Bakau atau Mangrove sebanyak 500 pohon bersama HMJ UIN Makassar di Untia Makassar. 

    Nur Akbar Alam mengungkapkan, semoga semakin banyak ormas-ormas, Lembaga dan komunitas-komunitas yang akan peduli pada pesisir Makassar. 

    Keesokan harinya dilanjutkan dengan penanaman Mangrove sebanyak 250 batang di Untia Makassar. Sebelum aksi menanam HPHA terlebih dahulu melakukan petunjuk teknis menanam bibit Mangrove kepada seluruh peserta.

    "Kami sebagai tim pendamping dari HPHA mengawal pelaksanaan penanaman teman-teman dari Lindungi Hutan Semarang dan BFI Finance Makassar. Minggu, 5 Desember 2021.

    Di buka langsung oleh Vivi Fitri Jelita (CSR Specialist).serta penyerahan bibit mangrove oleh Muhammad Faozi Purnama (Area Manager) sekaligus memberikan semangat pada pasepeda Gowes BFI finance  yang akan menanam.

    Muhammad Faozi Purnama (Area Manager) menjelaskan, ada banyak manfaat jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa didapatkan dari menanam pohon mangrove ini. 

    Bulan Desember kata Akbar sapaan akrab Nur Akbar Alam merupakan Bulan Menanam Nasional. 

    "Dengan menanam pohon dapat menekan laju pemanasan suhu bumi, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi serta deforestasi hutan, hingga kerusakan lingkungan lainnya, " sebutnya. 

    "Tunggu apalagi, Ayo kita tanam dan pelihara pohon!, " ajaknya tegas.

    Subhan Riyadi

    Subhan Riyadi

    Artikel Sebelumnya

    Plt Gubernur Sulsel Resmikan Bendung Lalengriedu...

    Artikel Berikutnya

    Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji Hadiri...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Wujud Kepedulian Kapolsek Bantimurung, Melayat Ke Rumah Warga yang Wafat
    Sosialisasikan Bahaya Kenakalan Remaja kepada Pemuda, Bhabinkamtibmas Polsek Liukang Tangaya Lakukan Sambang
    Pantau KOndisi Keamanan Pulau, Bhabinkamtibmas Polsek Liukang Tangaya Tingkatkan Silaturahmi
    Rapat Bamus Bergeser Suasana Masih Masa Cuti Bersama, Papar Ketua DPRD Barru
    Ketua DPRD: Jaga Persatuan Kesatuan, Beda Itu Pilihan Bukan Berarti Beda Arah

    Ikuti Kami